My “New Life”

1 bulan lebih sudah sejak diwisudanya dari universitas tercinta Universitas Kristen Maranatha, tepatnya 22 October 2011. Dari setengah tahun yang lalu sudah banyak orang yang bertanya, “nanti kerja dimana?”, dalem hati, “meneketehe..==a”. Dan akhirnya tibalah hari kelulusan sidang TA alias Tugas Akhir pada tanggal 8 Juli 2011. 1-2 minggu dari hari kelulusan dilalui dengan damai dan ucapan selamat. Minggu ketiga dimulailah rentetan pertanyaan menyebalkan, “udah lulus? ga kerja? mau kerja dimana? kenapa belom kerja?”. Oalaaaa~…ne orang pada kaga sabar pengen g kerja, padahal g nya aja masih nyante…==a. Hari-hari dilalui dengan pertanyaan-pertanyaan serupa tapi tak sama. Bukannya ga mikir mau kerja dimana, saya juga sudah mulai mencari dan memilih mana yang kira-kira cocok, karena ga mau kerja cuma asal masuk.
Hari demi hari masih juga tidak menemukan pekerjaan yang cocok sampai akhirnya suatu hari seorang teman baik berkata, “masuk Mitrais yu, blablablablablaa..” dan setelah didengarkan blablabla-nya itu, waahhh…kayanya asik yaa…XD kayanya ini deh yang g cari-cari. Dan kami pun memulai perjuangan untuk masuk, dimulai dari belajar logika, cari soal-soal logika, belajar OOP, bongkar semua materi OOP semasa kuliah, belajar programming dan yang pasti ga ketinggalan belajar inggris!!
Dan akhirnya batas pengumpulan CV pun datang, kita kirim CVnya, kerjain soal test, dan dipanggil untuk interview dan test tambahan. Selama ngerjain soal test, astagaahhh…apaan nihh..susah banget…T_T tapi kita udah belajar, so kerjain semampunya. Akhirnya setelah nunggu seharian, tiba juga giliran interview, ya ampunnn…ditanya soal test yang ga bisa jawabb…haizz..mati dah g, udah deh kayanya gagal ini mah..alhasil pulang dengan kestressan interview..(berasa kaya sidang TA lagi..==a).
Walaupun pesimis, tapi saya masih sedikit optimis, jadi tetep deh ditunggu telepon dari calon kantor tercinta. Puji Tuhan…akhirnya ditelepon juga untuk job offer dan medical check…XD. Karena waktu mepet banget, alhasil saya pergi ke Bali tepat sehari setelah diwisuda, karna hari Senin 24 October 2011 sudah mulai induction hari pertama.
First time dateng ke Bali, first time juga meninggalkan tempat kelahiran kota Bandung tercinta untuk menetap ke kota lain, bahkan pulau lain. First impression, PANASS!!!! secara orang Bandung asli, mana tahan sama panas..==a Hari pertama, cari kosan, ya ampiunn, susah yaa…udah pada penuh, soalnya dateng terahir sih, jadi aja ga dapet. Sampai akhirnya ke salah satu kosan temen yang kebetulan ada kosong 1, langsung dah booking. Hari berganti dan induction pun dimulai. Senin-Jumat kegiatan: datang kantor, induction, makan, induction, pulang, makan, mandi, tidur. Helloo~…I’m in Bali, but never feel like in Bali at all. Sabtu pun datang, wuaaahhh~~…ini baru BALI!! pagi-pagi jam 7 bangun ke pantai Kuta main volley bersama anak-anak kantor. Makan siang bareng, sorenya Badminton sama anak-anak kantor lagi. Kenalan sama senior-senior. Hura-hura. That’s BALI! XD
1 bulan lebih sudah hidup di Bali, selain kerja banyak kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti. Olahraga, Snorkeling, Photography, KULINER, Choir dan lainnya. Having fun banget disini, walaupun meninggalkan keluarga dan teman-teman di Bandung, tapi ternyata saya mendapatkan “keluarga” dan teman-teman baru. Dari yang serius, cool sampai iding ada semua disini. Bersyukur banget bisa mendapatkan langkah awal untuk mencapai cita-cita. Hope everything gonna be alright. Thanks God 🙂 You’re the best that I ever had. Really love You :).

Paging Index Changing in ASP.NET

Protected Sub GridView1_PageIndexChanging(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Web.UI.WebControls.GridViewPageEventArgs) Handles GridView1.PageIndexChanging
GridView1.PageIndex = e.NewPageIndex
GridView1.DataSource = SqlDataSource1
GridView1.DataBind()
End Sub

Paging gridview event :

contoh3

Protected Sub GridView1_PageIndexChanging(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Web.UI.WebControls.GridViewPageEventArgs) Handles GridView1.PageIndexChanging

GridView1.PageIndex = e.NewPageIndex

GridView1.DataSource = SqlDataSource1

GridView1.DataBind()

End Sub

Row Deleting Event in ASP.NET

Protected Sub GridView1_RowDeleting(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Web.UI.WebControls.GridViewDeleteEventArgs) Handles GridView1.RowDeleting
Conn.ConnectionString = Connection1.ConnectionString
Dim cmd As New SqlCommand(“delete from [pengguna] where kode_pengguna='” & GridView1.DataKeys(e.RowIndex).Value.ToString() & “‘”, Conn)
Conn.Open()
cmd.ExecuteNonQuery()
GridView1.DataSource = SqlDataSource1
GridView1.DataBind()
Conn.Close()
End Sub

Row deleting di ASP.NET, jika ingin menggunakan button deleting pada gridview, tambahkan event RowDeleting pada gridview yang anda buat. Jangan lupa buat datakeys pada properties gridview. Lebih baik gunakan nama column sebagai datakeys untuk mempermudah…atau mungkin memang seharusnya nama kolom…hhahahha…maklum…sama-sama newbie banged nie… 😀

contoh2

Protected Sub GridView1_RowDeleting(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Web.UI.WebControls.GridViewDeleteEventArgs) Handles GridView1.RowDeleting

Conn.ConnectionString = Connection1.ConnectionString

Dim cmd As New SqlCommand(“delete from [pengguna] where kode_pengguna='” & GridView1.DataKeys(e.RowIndex).Value.ToString() & “‘”, Conn)

//GridView1.DataKeys(e.RowIndex).Value.ToString() digunakan untuk //mengambil value datakeys dari row yang dipilih

Conn.Open()

cmd.ExecuteNonQuery()

GridView1.DataSource = SqlDataSource1

GridView1.DataBind()

Conn.Close()

End Sub

Cara Panggil String Connection di ASP.NET

Biar ga ngetik connection berulang2 di setiap file aspnya, bikin connection string cukup di web.config ajah, dah gitu panggil connection stringnya.

1. Beranjak dulu ke web.confignya cari :

<connectionStrings>
<add name=”SqlServerConnectionString” connectionString=”Data Source=nama_server;Initial Catalog=BengkelDB;Integrated Security=True”
providerName=”System.Data.SqlClient” />
</connectionStrings>

2. Tambahin imports di semua file .vb di paling atas :

Imports System.Data

Imports System.Data.SqlClient

3. Copy syntax dibawah ini di semua file .vb :

Public Class Connection

Public Shared ReadOnly Property ConnectionString() As String

Get

Return

ConfigurationManager.ConnectionStrings(“BengkelDBConnectionString

“).ConnectionString

End Get

End Property

End Class

Syntax di atas gunanya buat manggil string conection yang tadi uda di bikin di web.config.

4. Nah..sekarang kalo mau dipake di event onClick dsb atau Page_Load tinggal ketik :

Dim Conn As New SqlConnection

Conn.ConnectionString = Connection.ConnectionString

<connectionStrings>
<add name=”BengkelDBConnectionString” connectionString=”Data Source=amul;Initial Catalog=BengkelDB;Integrated Security=True”
providerName=”System.Data.SqlClient” />
</connectionStrings>