Menjalankan IIS dan XAMPP di Windows 7 Sekaligus

Windows 7 Professional nongol, uda seneng..langsung cari donlotannya…instal dah di komputerku tercinta. Berhubung semester ini lagi ngambil KP alias Kerja Praktek yang menggunakan ASP.NET, mau ga mau menggunakan IIS…jadi diaktifkan lah fitur IIS di windows 7 ku tercinta. IIS jalan dengan normal, sampai ahirnya di pertengahan semester ini, membutuhkan XAMPP, karena matakuliah Java Lanjut yang butuh konek database pake mysql.

Di installah sang XAMPP ke windows 7…jeng jeng…instalation service failed, port 80 and ssl 443 is used. Aaarrggghhh~~……..why???? ya iyalah pasti, soalnya port 80 nya kan dipake ama s IIS…jadi gimana donk?? Dicoba start service apache, putus terus, ga bisa start.  Setelah strezz selama beberapa hari, ahirnya menemukan cara supaya IIS dan XAMPP bisa jalan bareng di windows 7..tinggal mengubah port yang digunakan saja.

Begini caranya :

1. cari C:\xampp\apache\conf\httpd.conf

Search for “Listen 80?, change to “Listen 8080?
Search for “ServerName localhost:80?, change to “ServerName localhost:8080?
C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf
Search for “Listen 443?, change to “Listen 4499?
Search for “<VirtualHost _default_:443>”, change to “<VirtualHost _default_:4499>”
Search for “ServerName localhost:443?, change to “ServerName localhost:4499?
Then, you should be able to start Apache successfully through the XAMPP control panel.

nah, kita tinggal mengedit sedikit isi dari httpd.conf ini, buka pakai notepad lalu cari kata “Listen 80″ rubah menjadi “Listen 8080″

cari juga  “ServerName localhost:80″, rubah menjadi “ServerName localhost:8080″

2. Selanjutnya, cari C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf

edit juga menggunakan notepad, dan cari kata “Listen 443″ rubah menjadi “Listen 4499″

cari “<VirtualHost _default_:443>”, rubah menjadi “<VirtualHost _default_:4499>”

cari juga “ServerName localhost:443″, rubah menjadi “ServerName localhost:4499″

Selanjutnya, start service melalui XAMPP control panel. Jeng jeng…IIS bisa digunakan, phpmyadmin juga lancar…Jika ingin mengakses phpmyadmin lewat browser, jangan gunakan cara biasa, tapi ketik http://localhost:8080/phpmyadmin/. Berhubung port yang digunakan sudah kita rubah, maka untuk memanggilnya tuliskan portnya.

72 Comments

  1. Andrianus said,

    October 28, 2009 at 10:42 pm

    seeepp….
    solusi yang bagus……
    udah bisa jalan dua2nya…
    ^^

    ijin copased di tempat saya bu…

    • lia1488 said,

      October 29, 2009 at 8:52 am

      sok mangga…jug jig wae…wkwkwkwkwkw….
      baguslah kalo dah bisa…gantinya nitip beliin sambungan dvd rom k usb…wkwkwkwwkwk…. :))

  2. ian said,

    October 29, 2009 at 8:31 am

    wuih.. tq sharing info nya….
    kebetulan gw juga lagi nyari2…

    • lia1488 said,

      October 29, 2009 at 8:53 am

      sama – sama….. :)

  3. Bighand said,

    November 17, 2009 at 1:58 pm

    Infonya sgt membantu, thx ya mas. Mudah2an ada postingan lain seputar asp :-)

    • lia1488 said,

      December 4, 2009 at 6:55 am

      wooiii…saia cewee oiii…ceweee…..>,<" namanya ajah udah "lia"…==a
      btw, sama2…cuma sharing info sajah…
      klo asp…sabar jah, sampe bulan januari nanti pasti masih ada…soalnya masih berkutat ma asp
      wkwkwkkwkw….
      cuma saja sedang sibuk..jadi stop ngposting dulu..hahahha…

  4. achsan said,

    January 6, 2010 at 11:05 pm

    terima kasih nih atas ilmunya…. awa pusing sebelumnya cari solusi :)

    • lia1488 said,

      January 12, 2010 at 12:21 am

      sama-sama…. :)

  5. aem said,

    January 13, 2010 at 1:32 pm

    trims.. infonya sangat membantu

  6. boby said,

    January 22, 2010 at 3:01 pm

    klo cara saya sih cukup instal xampp di partisi berbeda. Misal windows 7 nya di instal di C , saya instal xampp nya di drive D. Dan ini tidak ada masalah. Mungkin teman2 ada solusi lain ?

    contact YM ya klo ada problem : co_muda@yahoo.com

    • lia1488 said,

      February 4, 2010 at 5:07 pm

      wooo…ya bagus kalo bisaa…jadi bisa dipake jadi alternatif…
      tapi ga da masalah ama portnya??
      kalo manggil localhostnya ga da masalah?

  7. rafdi said,

    January 26, 2010 at 8:13 pm

    kok xampp gwa ga jalan di seven yak??? –a

    • lia1488 said,

      February 4, 2010 at 5:09 pm

      udah ikutin step2 di atas blun? ga jalannya knapa emank?

  8. anjieya said,

    March 2, 2010 at 2:42 pm

    Info yg sangat membantu,hbs kebingungan gara2 ini. terima kasih yah..

    • lia1488 said,

      March 24, 2010 at 11:54 pm

      yaa…senang bisa membantu…^^

  9. cesc said,

    March 8, 2010 at 10:00 pm

    mass..setelah mengikuti saran anda joomla saya knp gk bs jalan jg y???

    bs ngasi solusinya,,makasih….

    • lia1488 said,

      March 24, 2010 at 11:54 pm

      maap mas, saia ga pake joomla…jadi tidak tahu…>,<

  10. Bu Nando said,

    March 18, 2010 at 11:27 am

    waaahhh…alhamdulillah dek! thanks banget y!

  11. kojay said,

    April 7, 2010 at 4:12 pm

    nais inpo nih Lia..tp klo di komp lokal uda bs..trus misalkan saya mo buat intranet, komp klien-nya bs ga manggil ke localhost td (klo misal ga aktif IIS kan hny ketik comp.name di url site pd browser)? nahh, klo IISnya aktif ky gitu, pengetikan di klien-nya apa ya…thx seblmnya

    • lia1488 said,

      April 8, 2010 at 12:52 am

      tinggal tembak IPnya ajah koq….
      misal : http://192.168.1.1/….

      setau saya mah gitu, kemaren juga pernah nyobain koq n bisa…
      selamat mencobaa…:)

      • kojay said,

        April 9, 2010 at 2:33 pm

        akhirnya dijawab juga..hehe, tp ko ga bs2 juga yaa..baik tembaIP ato comp.name..akhirnya sy instal ulang n korbanin IISnya (krn tdnya perlu utk mail-server), skrg jd tetep format standar (pake port 80..) tp utk mail-servernya ya saya pake mercury mail aja dehh..hehe, tp msh penasarin nih, klomisalkan pake caranya Lia (di komp server), trus dr klien-nya utk panggilnya gmn? soalnya yaa spt td diatas..baik IP ato comp name ga bs juga..ato saya msh ada yg salah setingnya kali ya..sorri nih, thx for share..:)

      • lia1488 said,

        April 11, 2010 at 10:08 pm

        waktu itu juga pertamanya saya ga bisa, trus di seting2 lagi di iis nya, yang d administrative tools…
        tapi saya lupa seting apanya…kwkwkwkw…coba2 lagi deh…hehehehehe…maap ga bisa bantu…>,<

  12. April 8, 2010 at 3:15 am

    wah berhasil.. tp kok setelah restart xampp nya balik ke awal lg yah? :D

    • lia1488 said,

      April 11, 2010 at 10:07 pm

      maksud balik ke awal??
      setingannya balik k awal?ga mungkin ahh..kan di save….@___@

  13. Gustra Blue said,

    April 14, 2010 at 10:48 am

    Met ultah Bu… Wish u all the best… heheheh..

    Thx Buat info bout iis n xampp nya.. :D

    • lia1488 said,

      April 15, 2010 at 9:19 pm

      tengkiu yaa…
      sama2…^^

  14. bowo said,

    April 17, 2010 at 12:09 pm

    misi newbie mau nny,,
    kok xampp saya gak bisa buka localhost apa yg jadi masalah,,saya udah pindahin dari hardisk 1dan 2 sama aj,,dulu saya pernah pakai lancar jaya kok sekarang gak bisa ya,,mungkin ada yang bisa di bantu

    jadi localhostnya gak kebuka sama sekali padahal semuanya udah di run gtu,,??

    • lia1488 said,

      April 20, 2010 at 12:28 am

      iis nya jalan juga ga? kalo jalan juga, mungkin karna portnya bentrok…erornya apa?

      • bowo said,

        April 27, 2010 at 6:53 pm

        iya mas iis udah saya jalanin bisa,,truz saya ganti portsnya sesuai dengan cara di atas gak jalan juga ada tulisan gini,

        The resource you are looking for has been removed, had its name changed, or is temporarily unavailable

        truz kok Physical Path C:\inetpub\wwwroot\phpmyadmin larinya ke situ padahal saya masang xampp di D:\ kenapa ya??
        makasih

      • lia1488 said,

        May 8, 2010 at 12:56 am

        maaf, sejak kapan di wwwroot ada phpmyadmin?? setau saya phpmyadmin adanya di folder xampp….@__@

      • bowo said,

        April 27, 2010 at 6:55 pm

        truz saya kan coba ngikutin cara dari web ini

        http://www.inveigledsoftware.com/2009/10/installing-xampp-on-windows-7/

        nah yg jadi masalah saya gak ada sql server 2008 itu gimna ya mas??
        makasih lagi

      • lia1488 said,

        May 8, 2010 at 12:52 am

        hah??saya ga ngerti…apa hubungannya ama sql server??
        kayanya cuma masalah ganti port, kalo tutorial saya, itu ganti port xampp nya, tapi kalo link yang anda kasih, itu ganti port iis nya…
        bisa dibilang, sama ajah…yang di ganti cukup salah satu ajah portnya…terserah mau yang mana…

  15. bobry said,

    April 21, 2010 at 2:53 pm

    saya dah coba… tapi waktu saya buka phpmyadmin ada tulisan “#1045 – Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: NO)”

    kira2 kenapa ya?

  16. gilbert said,

    May 15, 2010 at 11:43 am

    Maaf sodar-sodaraku…..mungkin sy ada masukan dikit. klo dikompi aku cuman pake, xampp yang portable aja jadi gak ada masalah…he..he…moga bisa bantu

    • lia1488 said,

      May 17, 2010 at 10:58 pm

      tengkiu masukkannya…^^

  17. herephy said,

    May 22, 2010 at 12:20 pm

    makasih banyak solusinya :D sangat membantu

  18. toenk said,

    June 1, 2010 at 7:05 pm

    mas, saya sudah ganti dengan cara diatas tetapi tidak terjadi sesuatu, ada yang salah?, kalo yg saya ganti port iis ada dimana mas?

  19. archelia said,

    June 1, 2010 at 7:52 pm

    hi..
    sory nih ikutan nimbrung
    saya mau tanya juga
    ini widows saya localhost mau baca
    cuma phpmyadminnya ngga mau masuk
    gmn yah caranya

  20. toenk said,

    June 2, 2010 at 12:19 pm

    sebelumnya thanks be 4, tanggapannya kilat “patut dicontoh”, masih nanya lagi nih, saya sudah coba mencari di control panel->system and security->administrative tools->iis manager, tidak ada tanda-tanda dia hidup, tetapi ketika Xampp di intalasi status port 80 masih digunakan “another”, mohon pencerahan, makasih 2x sama yg kemarin

    • lia1488 said,

      June 4, 2010 at 5:54 pm

      hahahha…itu se kebetulan ajah lagi buka email…
      maksudnya ga hidup?ga di play gitu?ya default websitenya di play ajah…
      saya juga sedikit aneh disini, harusnya kalo udah d stop, beres (kalo di xp), tapi kalo di 7, ga tau kenapa walaupun di stop ga ngaruh, tetep ajah port 80nya kepake…
      makanya, lebih baik di ganti ajah portnya…
      pilih ajah, yang mau di ganti port mana, iis ato xampp nya, lebih simpel sih xampp nya, kaya contoh tutorial di atas..
      langsung bisa pake..
      kalo yang iis mau yang di ganti, silahkan lihat tutorial dari link yang saya kasih kemaren…hehehehe…

  21. botha said,

    July 4, 2010 at 5:35 pm

    mba, makasih postingannya.
    ini kan ku pake apache2triad,
    tapi ku ga nemuin file httpd-ssl.conf. apa kalo di apache2triad emg ga ada file ini ya?
    kalo emg ga ada, ku cukup ngubah port yg di httpd.conf aj?
    makasih sebelumnya buat pencerahannya.. :)

    • lia1488 said,

      July 7, 2010 at 9:57 pm

      sepertinya emank ga ada, n sepertinya memang cukup ganti port di httpd.conf ajah…:)

  22. July 13, 2010 at 9:24 pm

    thanks buat info nya sobb, berguna buat saya yang lagi belajar membuat aplikasi web menggunakan PHP dan MySQL.. hehehe.. kunjungi juga blog saya jika ingin belajar programming C++, JAVA, dan VB 2008..

  23. Thomce said,

    September 16, 2010 at 7:12 pm

    Hi Lia, infonya berguna sekali. Xampp saya udah bisa keluar, tp kenapa di phpMyadmin error ya?
    #2003 Can’t connect to mysql on ‘localhost’ (10061)
    Ada yg perlu diganti di mysqlnya?

  24. alce said,

    October 16, 2010 at 3:02 am

    thank you banget atas infonya!!! Udah beberapa jam utak-atik ampe pusing >.<

    akhirnya bisa deh.. hehehehe..
    thank u..

    • lia1488 said,

      October 21, 2010 at 12:45 am

      sama2…senang bisa membantu… :)

  25. October 20, 2010 at 2:19 pm

    saya coba dulu, makasih informasinya

    • lia1488 said,

      October 21, 2010 at 12:46 am

      silahkan…hehe..
      sama2.. :)

  26. nusa mandiri said,

    April 11, 2011 at 3:53 pm

    thanks infonya dicoba ah di laptop…udah lama nyari biar bisa jalan dua duanya..soalnya pake asp dan php

    • lia1488 said,

      April 30, 2011 at 2:19 am

      Sama2…senang bisa membantu..:)

  27. Ruland said,

    April 27, 2011 at 7:11 pm

    Akhirnya exampp sy bisa jalan wkwkwkwk…. makasih juga untuk sharingnya teman2, sangat membantu… krn sy masih pemula. :)

    Salam Kenal Lia..

    • lia1488 said,

      April 30, 2011 at 2:20 am

      Yaa…sama2..:) salam kenal jg..hwhwhw..

  28. oniqie said,

    November 8, 2011 at 8:18 pm

    Tengkyu gan, saran nya nyelamatin project temen ane, hehehehehe :D

  29. idris said,

    November 15, 2011 at 2:09 pm

    cara mengganti document root pada
    XAMPP dari C:/XAMPP/htdocs ke D:/Localhost ( misalnya )

    IIS dari C:\inetpub\wwwroot ke D:/Localhost2 (misalnya)

    Accem jeng ?

  30. Dhafian said,

    December 2, 2011 at 9:12 pm

    Keren,, memang solusi ini yang sedang saya cari. Terima kasih.
    Semoga kita bisa menjadi teman blog yang baik. hehehehe

    ngomong2 salam kenal ya.

  31. ilham said,

    December 3, 2011 at 5:53 pm

    saya udah nyobain..
    trus di phpmyadmin ko ada tulisan gini

    #1045 – Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: NO)

    mohon pencerahannya…

  32. pak wan said,

    April 2, 2012 at 8:01 pm

    thanks… membantu sekali, 3 kali coba gagal terus tak pikir xampp nyayang masalah.. ternyata cara aksesnya yang tidak lengkap menyertakan 8080, saya coba lewat regristri dengan menonaktifkan http di buat NoRun tetap gak jalan,
    kalo dengan wamp bagaimana?

  33. Ivan said,

    July 4, 2012 at 2:35 am

    kak Lia mau tanya nih, cara masuk ke localhostnya gmn yaa?? gw instal d 7, dan udah ngikutin cara kakak d atas….
    sorry newbie

  34. August 25, 2012 at 2:22 am

    saya ingin nanya , saya udh ikutin petunjuk kakak tapi kok mash blom bisa yahh, klo saya menggunakan http://localhost/phpmyadmin/ hasilnya error tapi kalo menggunakan http://localhost:8080/phpmyadmin/ hasilnya HTTP status 404-, tolong bantuannya kakak

  35. April 24, 2013 at 5:50 pm

    kang .. stelah aku baca artikel nya. kamu kan spertinya sudah mahir pakai IIS .. saya mau tau dong settingan pakai windows 7 nya ?
    bila buat site di dreamweaver dan ke folder inetpub/wwwroot/latihan

    nah disitu dia pasti enggak mau dan mental ke nama komputer saya ..
    itu knp ya ? dan error di httpnya :(
    kasih pencerahan ya dong ?

    • lia1488 said,

      April 26, 2013 at 3:18 pm

      wah bang, sebelumnya maaf ni ya..saya udah lama ga pake IIS nya :|
      saya ga pernah eror seperti itu sih, mungkin bisa browsing lagi untuk advance nya..
      aku ga setting apa2 di win7 nya koq, cuma instal IISnya..

  36. novertaeffendist said,

    July 13, 2013 at 11:23 am

    makasih sebelumnya mas triknya..tapi saya ada masalah sedikit untuk mengakses wordpress yg sudah saya instal sebelumnya..

    klo masuk ke phpmyadmi ini : http://localhost:8080/phpmyadmin/

    klo masuk ke wordpess yg sudah terinstal sbelum ganti port gmna mas??

  37. Iyan Mulyana said,

    November 27, 2013 at 8:41 pm

    hahaha..makasih bu..sangant mencerahkan

  38. December 14, 2013 at 6:57 am

    terima kasih atas infonya


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

